Pemanfaatan Kunyit Sebagai Obat Penyembuh Berbagai Macam Penyakit Pada Masyarakat

KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun ucapkan kepada Allah SWT yang telah memeberikan kesempatan kepada penyusun untuk dapat menyusun karya ilmiah ini yang bertemakan “Pemanfaatan Tumbuhan Kunyit Sebagai Obat Penyembuh Berbagai Penyakit”. Karya ilmiah ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pedoman bagi kita semua dalam memanfaatkan tumbuhan kunyit sebagai obat penyembuh berbagai macam penyakit.
Karya ilmiah ini disusun berdasarkan hasil peniliatian dari media elektronik berupa internet. Selain sumber data dari internet, penyusun juga mendapatkan data dari masyarakat mengenai tumbuhan kunyit sebagai obat.
Kepada semua pihak khusunya Mihrawati S. Antu, Sri Oktavia Mokoginta dan Rosdian Indawahyuni serta teman-teman semester 1 keperawatan kelas A yang telah berpartisifasi dalam merampungkan karya ilmiah ini tak lupa disampaikan terima kasih.
Karya ilmiah belum sepatutnya dikatakan sempurna, maka dari itu penyusun mengaharapkan pembaca agar dapat memberikan kritik ataupun saran demi menyempurnakan karya ilmiah ini.

Gorontalo, Oktober 2010
Penyusun,

Gusti Pandi Liputo

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pada dasarnya makhluk hidup di dunia baik manusia, hewan dan tumbuhan mempunyai peran, fungsi dan manfaat tersendiri yang telah ditakdirkan oleh Tuhan YME. Tumbuhan adalah makhluk hidup yang menjadi sumber energei bagi manusia dan hewan untuk dapat bertahan hidup di dunia ini. Selain menjadi sumber energi bagi manusia dan hewan, tumbuhan tertentu mempunyai manfaat dalam menyembuhkan penyakit yang diderita oleh manusia ataupun hewan.
Tumbuhan kunyit merupakan Salah satu dari sekian banyak tumbuhan di dunia yang dimanfaatkan sebagai obat dalam menyembukan berbagai penyakit, akan tetapi sebagaian besar dari manusia belum bisa memanfaatkan kunyit sebagai obat, karena kita/manusia kurang pengetahuan mengenai tumbuhan kunyit.

B. Permasalahan
1. Bagaimana proses peredaran kunyit?
2. Bagaimana kandungan kimia yang terdapat dalam tumbuhan kunyit sehingga dapat menyembuhkan penyakit?
3. Bagaimana proses pengolahan tumbuhan kunyit menjadi obat?

C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah
1. Untuk memenuhi syarat dalam pengambilan sertifikat Orasimasru dan Oramaru Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo.
2. Untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai manfaatan tumbuhan kunyit.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Proses Peredaran Kunyit
Kunyit atau Curcuma longa Linn atau Curcuma domestica Val. Familia : Zingiberaceae Kunyit (Curcuma domestic) termasuk salah satu tanaman rempah dan obat, habitat asli tanaman ini meliputi wilayah Asia khususnya Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami persebaran ke daerah Indo-Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengkonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.
Nama latin: Curcuma domestica.
Nama simplesia: Curcumae domesticae Rhizoma
Nama daerah: Kunir; Kunyir; Koneng; Kunyet; Kuning; Kuneh
Deskripsi tanaman: Tumbuhan berbatang basah, tingginya sampai 0,75 m, daunnya berbentuk lonjong, bunga majemuk berwarna merah atau merah muda. Tanaman herba tahunan ini menghasilkan umbi utama berbentuk rimpang berwarna kuning tua atau jingga terang. Perbanyakannya dengan anakan
Habitat: Tumbuh di ladang dan di hutan, terutama di hutan jati. Banyak juga ditanam di perkarangan. dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 2000 m dpl

B. Kandungan Kimia yang Terdapat Dalam Tumbuhan Kunyit Sehingga Dapat Menyembuhkan Penyakit
Kunyit yang mengandungi 3% lemak, 30% karbohidrat, 8% protein, vitamin C dan garam-garam mineral seperti besi dan kalsium. Fungsi lemak di dalam tubuh umumnya sebagai sumber energi yang utama untuk proses metabolisme tubuh, sehinggal zat ini sangat diperlukan oleh tubuh. Karbohidrat berfungsi sebagai penghasil energy di dalam tubuh, zat ini juga sangatlah penting buat tubuh. Fungsi protein di dalam tubuh sangatlah banyak diantaranya, jika kita terluka maka protein sangat berperan dalam penyembuhan luka kita tersebut. Vitamin C berfungsi mengurangi kerusakan sel dan menguatkan jaringan tubuh. Garam-garam mineral merupakan zat non organik seperti besi dan kalsium. Besi dapat mengatasi kekurangan darah dan kalsium berfungsi melindungi tulang-tulang didalam tubuh.
Dengan adanya zat-zat kimia tersebut terkandung dalam kunyit, maka inilah yang membuat kunyit begitu bermanfaat bagi tubuh manusia.

C. Proses Pengolahan Tumbuhan Kunyit Menjadi Obat
Berbagai macam penyakit yang bisa desembuhkan dengan kunyit yaitu diabetes mellitus, tifus, usus buntu, disentri, sakit keputihan, haid tidak lancar, perut mulas saat haid, memperlancar ASI, amandel, berak lendir, dan morbili.

1. Diabetes mellitus
Diabetes mellitus adalah keadaan hyperglikemia (kadar darah gula tinggi) yang kronik disertai berbagai kelainan metabolic akibat gangguan hormonal. Cara mengelolah kunyit agar menjadi obat diabetes mellitus adalah:
• Bahan: 3 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh garam
• Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring.
• Cara menggunakan: diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas
2. Tifus
Tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman salmonella thiposa. Cara mengelolah kunyit untuk mengobati penyakit ini adalah sb:
• Bahan: 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto
• Cara membuat: Semua bahan tersebut ditumbuk halus dan dipipis, kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat, dan disaring.
• Cara mengunakan: diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut-turut.
3. Usus buntu
Usus buntu/sekum adalah suatu kantung terhubung pada usus penyerapan serta bagian kolon menanjak dari usus besar. Cara mengololah kunyit menjadi obatnya adalah:
• Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa/aren. Garam secukupnya.
• Cara membuat: Kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan disedu dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring.
• Cara menggunakan:diminum setiap pagi setelah makan, secara teratur.
4. Disentri
Disentri merupakan peradangan usus besar yang ditandai dengan sakit perut dan buang besar. Buang air besar ini berulang-ulang yang menyebabkan penderita kehilang banyak cairan dan darah. Cara mengelolah kunyit untuk mengobati penyakit ini adalah:
• Bahan: 1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya.
• Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring.
• Cara menggunakan:diminum dan diulangi sampai sembuh.
5. Sakit keputihan
Keputihan terjadi jika vagina mengeluarkan semacam lendir atau cairan seperti nanah. Cara mengelolah kunyit untuk mengobati masalah ini adalah:
• Bahan: 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula kelapa/aren.
• Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian di saring.
• Cara menggunakan:diminum 1 gelas sehari.
6. Haid tidak lancar
Cara mengelolah masalah wanita ini dengan menggunakan kunyit adalah:
• Bahan: 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok Teh ketumbar, 1/2 sendok Teh biji pala, 1/2 genggam daun srigading.
• Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk halus kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring
• Cara menggunakan: diminum 1 gelas sehari.

7. Perut mulas saat haid
Mungkin hampir semua perempuan ketika datang bulan/haid pasti mereka pernah merasakan masalah ini, untuk itu cara mengelolah kunyit untuk mengobatinya adalah:
• Bahan: 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm
• Cara membuat: semua bahan tersebut dicuci bersih dan diparut untuk diambil airnya, kemudian di tambah dengan perasan jeruk nipis, diseduh dengan 1/2 gelas air panas dan disaring.
• Cara menggunakan: ditambah garam dan gula secukupnya dan diminum pada hari pertama haid.
8. Memperlancar ASI
Kunyit juga dapat memperlancar ASI (Air Susu Ibu). Caranya agar kunyit dapat dibuat obat pelancar ASI adalah:
• Bahan: 1 rimpang kunyit.
• Cara membuat: kunyit ditumbuk sampai halus.
• Cara menggunakan: dioleskan sebagai kompres diseputar buah dada 1 kali setiap 2 hari.
9. Amandel
Amandel atau tonsil merupakan kumpulan jaringan limfoid yang terletak pada kerongkongan dibelakang kedua ujung lipatan belakang mulut. Cara mengelolah kunyit untuk mengobati penyakit ini adalah:
• Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 butir jeruk nipis, 2 sendok madu.
• Cara membuat: Kunyit diparut, jeruk diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu dan 1/2 gelas air hangat, diaduk sampai merata dan disaring.
• Cara menggunakan:diminum secara rutin 2 hari sekali.
10. Berak lendir
Cara mengelolah kunyit menjadi obat dari masalah berak lendir adalah:
• Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih.
• Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring.
• Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.
11. Morbili
Morbili adalah penyakit anak menular yang lazim biasanya ditandai dengan gejala-gejala utama ringan, ruam demam, scarlet, pembesaran, serta nyeri limpa nadi. Cara mengelolah kunyit agar menjadi obatnya adalah:
• Bahan: 1 rimpang kunyit dan 1 rimpang dringo bengle.
• Cara membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai halus.
• Cara menggunakan:dioleskan pada seluruh badan sebagai bedak.

BAB III
PENUTUP

A. Simpulan
Setelah mengkaji lebih dalam mengenai tumbuhan kunyit, penyusun dapat mengambil suatu simpulan bahwa kunyit sangatlah bermanfaat bagi manusia, karena Didalam kunyit terdapat banyak kandungan kimia yaitu karbohidrat, vitamin C, dan dan garam-garam mineral seperti besi dan kalsium, dengan adanya kandungan ini, maka kunyit dapat diolah menjadi obat berbagai macam penyakit, seperti diabetes mellitus, tifus, usus buntu, disentri, sakit keputihan, haid tidak lancar, perut mulas saat haid, memperlancar ASI, amandel, berak lendir dan morbili.

B. Saran
Dalam bab pembahasan telah diuraikan cara mengelolah tumbuhan kunyit menjadi obat untuk penyakit-penyakit yang telah disebutkan, maka dari itu penyusun mengaharapkan kepada kita semua jika kita mengalami atau melihat seseorang terkena penyakit-penyakit diatas mari kita coba menyembuhkannya dengan mengelolah tumbuhan kunyit menjadi obat penyakit-penyakit tersebut.

About Gusti Pandi Liputo

Masih dalam tahap belajar untuk menjadi pemuda yang berpikir kreatif dalam menyelesaikan setiap problematika

Posted on Januari 31, 2011, in Budaya, Kesehatan, Pengetahuan and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: